Logo PPID RSUD JB
  • Profil
    • Profil PPID
    • Profil RSUD Johar Baru
    • Profil Pejabat Struktural
  • Informasi Publik
    • Informasi Berkala
    • Informasi Serta Merta
    • Informasi Setiap Saat
    • Informasi Dikecualikan
  • Standar Layanan
    • Prosedur Pelayanan Informasi Publik
    • Prosedur Pengajuan Keberatan Informasi Publik
    • Prosedur Permohonan Penyelesaian Sengketa Informasi
    • Prosedur Penanganan Sengketa Informasi
    • SOP PPID
    • Kanal Layanan Informasi
    • Maklumat PPID
    • Waktu dan Biaya Layanan PPID
  • Formulir Pelayanan
    • Form Permohonan Informasi Publik
    • Form Pengajuan Keberatan Informasi Publik
    • Cek Status Permohonan Informasi Publik
    • Cek Status Pengajuan Keberatan Informasi Publik
  • Galeri


Profil PPID

SEKILAS MENGENAI PPID

Informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang bagi pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya serta merupakan bagian penting bagi ketahanan nasional. Disamping itu keterbukaan informasi adalah salah satu pilar penting yang akan mendorong terciptanya iklim transparansi. Hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia dan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik. Keterbukaan informasi publik merupakan sarana dalam mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan negara dan Badan Publik lainnya dan segala sesuatu yang berakibat pada kepentingan publik. Oleh karenanya RSUD Johar Baru menyadari bahwa pentingnya keterbukaan informasi kepada publik untuk saat ini merupakan kebutuhan mendasar dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, agar terciptanya iklim transparasi. Sesuai dengan Undang Undang Nomor 14 Tahun 2008 dan Pergub 175 Tahun 2016.

Sesuai dengan tentang Organisasi Pengelola Informasi dan Dokumentasi dimana salah satu tugas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) menyediakan akses informasi publik bagi pemohon informasi. Terkait dengan tugas tersebut, PPID menetapkan standar layanan informasi di lingkungan RSUD Johar Baru dalam rangka penyelenggraan pelayanan publik dengan menyediakan sarana, prasarana, fasilitas berupa desk layanan informasi, fasilitas pendukung seperti layanan akses internet gratis, petugas pelaksana layanan informasi, instrumen transaksi, produk pelayanan, serta menetapkan waktu layanan informasi.

TUGAS POKOK DAN FUNGSI PPID

A. PPID mempunyai tugas dan wewenang sebagai berikut :

Mengkoordinasikan dan mengkonsolidasikan pengumpulan bahan informasi dan dokumentasi dari PPID Pembantu di setiap Unit/Satuan Kerja Menyimpan, mendokumentasikan, menyediakan dan memberi pelayanan informasi kepada publik; Melakukan verifikasi bahan informmasi publik; Melakukan uji konsekuensi atas informasi yang dikecualikan; Melakukan pemutakhiran informasi dan dokumentasi; dan Menyediakan informasi dan dokumentasi untuk diakses oleh masyarakat.


B. Kewenangan PPID terdiri atas :

Menolak memberikan informasi yang dikecualikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan; Meminta dan memperoleh informasi dari unit kerja/komponen/satuan kerja yang menjadi cakupannya; Mengoordinasikan pemberian pelayanan informasi dengan PPID Pembantu dan/atau Pejabat Fungsional yang menjadi cakupan kerjanya; Menentukan atau menetapkan suatu informasi dapat/tidaknya diakses oleh publik; dan Menugaskan PPID Pembantu dan/atau Pejabat Fungsional untuk membuat, mengumpulkan, serta memelihara informasi dan dokumentasi untuk kebutuhan organisasi PEJABAT PPID Dimuat dalam Surat Keputusan Direktur RSUD Johar Baru Provinsi DKI Jakarta Nomor 115 tahun 2024 tentang pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) RSUD Johar Baru, terlampir :

Lihat SK Pejabat PPID
Logo RSUD Johar Baru

Jl. Tanah Tinggi XII No.15-23, RT.10/RW.9,
Kel. Tanah Tinggi, Kec. Johar Baru,
Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10540

Hubungi Kami

Telp: (021) 21470344

Email: rsudjoharbaru@jakarta.go.id

Visitor Counter

© 2025 RSUD Johar Baru | Teknologi Informasi SIMRS